Moh. Fikri Harsono

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

KEUNGGULAN DAN PERKEMBANGAN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

KEUNGGULAN DAN PERKEMBANGAN DARI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

imagesTeknik Elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggri selectrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.

Keunggulan:

Lulusan Teknik Elektro mempunyai kompetensi dasar dan terapan di bidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika dan instrumentasi.
Prospek karir :

Lulusan dari program studi ini sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika dan industri-industri yang menggunakan sistem instrumenĀ  kendali.

Ilmu teknik elektro dulunya dibagi atas 2:

  • Arus kuat, yang mempelajari listrik tegangan tinggi, serta
  • Arus lemah, yang mempelajari listrik tegangan rendah.

Selain itu, ilmu teknik elektro dapat dibagi menjadi:

  • Teknik elektrik, terutama mengenai sifat-sifat listrik dan pemanfaatan listrik dalam berbagai bidang.
  • Teknik elektronika, terutama mengenai sifat-sifat elektron dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya pada bagian arus lemah, maka saat ini dibagi menjadi enam konsentrasi, yaitu:

  • Teknik Tenaga Listrik (electric power engineering), yang dulunya merupakan konsentrasi arus kuat
  • Teknik Elektronika (electronics engineering)
  • Teknik Telekomunikasi (telecommunication engineering)
  • Teknik Kendali atau Teknik Pengaturan (control engineering)
  • Teknik Komputer (computer engineering)
  • Teknik Biomedika (biomedics engineering) merupakan bidang multidisiplin yang melibatkan berbagai keahlian teknik, ilmu pengetahuan dan metoda teknologi untuk memecahkan masalah dalam biologi dan kedokteran, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Lulusan Sarjana Teknik Elektro dibekali dengan ketrampilan dan keahlian bidang teknik elektro antara lain Sistem Tenaga, Elektronika, Pengaturan Industri, Telekomunikasi dan Informatika. Teknik Elektro memiliki Laboratorium Rangkaian Elektronika, Rangkaian Listrik, Rangkaian Logika, Pengukuran, Sistem Pengaturan, Mikroprosessor, Elektronika Industri, PLC, Mesin-mesin Listrik, Instalasi Listrik, PLTMH, VHDL, dan Workshop Elektronika..

Sedangkan Ahli Madya Teknik Elektronika dibekali dengan Keahlian Elektronika Industri, serta Teknik Komputer dan Jaringan yang didukung dengan sertifikasi KKPI, CCNA, JENI, TOEIC. Dukungan ekstra kurikuler terdiri atas kelompok Robotika, Sistem Instrumentasi Industri dan lain-lain.

Add A Comment